>>>> Let's GOOOOO GREEEENNNN.....!!!!!!! <<<<

Cari Blog Ini

Google translator

info:

Silakan beritahukan apabila ada link yang rusak atau hilang.. :D

Rabu, 29 Desember 2010

Membuat Blog versi Mobile

Bookmark and Share
Sudah lama saya menjadikan blog saya ini agar menjadi mudah dan ringan dibuka melalui browser HP (promosi.. ;D), sehingga bagi yg ingin membaca isi dari blog saya ini tidak perlu repot-repot melalui Komputer cukup melalui browser HP dan itupun ukuran halamannya menjadi lebih kecil & ringan (bagi yg perlu ngirit pulsa kan lumayan juga tuh.. hehehe..) dan lebih mudah dilihat melalui browser HP yg kecil dan memiliki keterbatasan (halah,, sotoy..)

Saya menggunakan beberapa layanan untuk me-mobilize blog saya, tapi yang akan saya bahas di artikel ini hanya yang saya rasa (menurut pendapat dan sepengetahuan saya) cukup bagus dan tidak ada salahnya untuk dicoba bagi teman-teman yg ingin me-mobilize blog-nya..

Oke,, sudah cukup intro-nya, langsung saja...

1. Wirenode (http://www.wirenode.com)
Fitur yg ada di website ini lumayan bagus, diantaranya membuat halaman mobile untuk blog anda  (layanan di situs ini juga dapat digunakan di website yang memiliki domain selain blogger) dan anda juga bisa menetukan alamatnya sesuai keinginan. Pertama yang dilakukan adalah mendaftar dulu pastinya, lalu memasukkan alamat web/blog yang akan dibuat versi mobilenya, untuk alamat versi mobile-nya bisa ditentukan sendiri, seperti xxx.wirenode.mobi (bagian xxx itu diisi sesuai keinginan anda). Untuk fasilitas yang lain antara lain bisa mengatur theme dan kostumisasi sendiri tampilan mobile blog milik anda. Juga terdapat fasilitas statistik untuk melihat traffic dari mobile blog anda. Kelebihannya yaaa itu tadi, punya alamat mobile blog tersendiri. Oya, artikel di mobile blog anda kalau terlalu panjang akan dipotong menjadi 2 halaman.

2. Blogger Touch (http://bloggertouch.sopili.net)
Yang kedua ini merupakan fasilitas gadget/widget yang dipasang di blog anda. Seperti namanya, layanan ini hanya bisa digunakan di Blogger saja (sebenarnya merupakan kerjasama dengan WP). Setelah anda mendaftar dan mendaftarkan blog anda (kalo saya gak salah inget, mungkin anda juga akan diminta memasukkan url feed dari blog anda, bisa dilihat di blog anda)
Lalu anda akan mendapat code yang nantinya dipasang di blog anda (bagi blogger pasti tidak asing kan dengan fasilitas ini, tab Rancangan -> Elemen Laman). Setelah gadget tersebut terpasang, maka setiap orang yang membuka alamat blog anda melalui mobile/browser HP akan di-redirect otomatis ke alamat mobile blog anda, misal http://bloggertouch.appspot.com/xxx (yg xxx itu diisi sesuai keingninan) jadi tidak perlu repot-repot menghafal alamat mobile blog anda. Oya, kalo layanan ini (Blogger Touch) harus mengganti pengaturan feed menjadi Full/Penuh agar keseluruhan isi artikel yg ada di blog anda dapat dibaca (tab Pengaturan -> Feed Situs -> Izinkan Feed Blog: Penuh).

3. Blogger Mobile Template
Untuk yang satu ini merupakan fasilitas yang baru dan masih dikembangkan oleh Blogger (saat artikel ini saya tulis). Sebelumnya anda harus pindah dulu dari Blogger.com ke versi Blogger in Draft (masih dalam proses pengembangan juga), lalu masuk ke tab Pengaturan -> Email & Seluler -> Template Seluler -> Tampilkan template seluler: Ya, klik Simpan di paling bawah.
Setelah langkah di atas, maka jika alamat blog anda dibuka melalui browser mobile/HP akan otomatis terdeteksi dan menjadi tampilan mobile. Untuk melihat preview-nya bisa dengan meng-klik tombol PRATINJAU SELULER yang ada di pengaturan di atas tadi.
Sayangnya entah mengapa, saat penulis mencobanya menggunakan browser Opera Mini maupun browser bawaan HP (tentu sebelumnya menghapus gadget mobile di blog terlebih dahulu) masih belum bisa pindah secara otomatis (redirect) ke versi mobilenya. Kemungkinan karena masih dalam pengembangan.
Saya harap bisa secepatnya diselesaikan (maksa) sehingga akan lebih mudah bagi para blogger untuk membuat mobile blog dari blog mereka.. (termasuk saya juga) :)

Yosh~ sekian dulu tulisan dari saya (maaf kalo gak terlalu bagus, karena saya memang awam dalam hal me-review) :D
Sebenarnya saya lebih berniat untuk meng-share aja daripada me-review,, hehehe..

Oya, sekalian promosi mobile blog dari blog saya yg ini ya~ :D
Visit:
~ blogb.wirenode.mobi (Wirenode)
~ bloggertouch.appspot.com/blogb (Blogger Touch)
~ http://blogb-ex.blogspot.com/?m=1 (Blogger mobile)


OK, semoga bermanfaat.. :)

0 komentar: